• Information
  • Rumah
  • Tips
  • 34
  • 0

Simak Yuk, Tips Menjual Rumah Supaya Cepat Laku

Simak Yuk, Tips Menjual Rumah Supaya Cepat Laku

Rumah merupakan salah satu aset yang memiliki nilai tinggi, karena setiap tahun harga rumah akan terus naik dengan harga yang bervariasi tergantung dengan lokasi. Maka tak heran banyak para investor yang membeli sebuah properti terutama dalam bentuk rumah. Akan ada alasan tertentu mengapa seseorang menjual properti. Bisa jadi karena sedang butuh uang lebih, ingin memiliki rumah yang lebih besar, atau karena kebutuhan yang mendesak jadi terpaksa harus menjual rumah.

Dalam transaksi menjual rumah, ada beberapa lembaga yang ikut terlibat hingga transaksi jual beli selesai, yaitu:

  1. Notaris: perantara dan saksi antara penjual dan pembeli.
  2. BPN: mengecek keaslian surat-surat rumah milik penjual.
  3. Agen properti: membantu menjual rumah dan mengurus pembuatan surat-surat penting.

Sebenarnya rumah bisa terjual dengan cepat, sekitar tiga bulanan, asalkan Anda mau dan mampu mengatur strateginya.

Adapun beberapa dokumen yang harus Anda siapkan dalam menjual rumah adalah sebagai berikut:

#1 Dokumen Pihak Penjual

  • KTP suami istri (jika sudah menikah) dan KK
  • Sertifikat Tanah asli yang sudah diperiksa di BPN (Badan Pertanahan Nasional)
  • PBB tahun berjalan yang pajaknya sudah dibayar di bank-bank pemerintah

#2 Dokumen Pihak Pembeli

  • KTP suami istri (jika sudah menikah) dan KK
  • BPHTB yang sudah dilunasi sebesar 5% x (NJOP – NJOPTKP)
  • Kuitansi pelunasan pembelian properti dengan materai dan tanda tangan pembeli

Tips Menjual Rumah Cepat

Jika dibandingkan dengan menjual apartemen, beberapa orang menyebut jika menjual rumah bukanlah hal yang mudah. Walaupun harganya bisa bikin Anda untung, tapi rumah merupakan aset yang sifatnya tidak mudah diperjual belikan. Bahkan terkadang butuh waktu lama agar rumah laku terjual, apalagi rumah bekas. Terlebih saat ini banyak sekali iklan properti perumahan baru yang memiliki beragam keunggulan.

Maka dari itu dalam memasarkan rumah yang akan kita jual, foto dan deskripsi yang lengkap saja masih belum cukup membantu dalam menjual properti Anda. Selama proses menjual, kondisi fisik rumah harus sangat diperhatikan, dirawat agar tetap bagus dan kokoh. Apalagi jika Anda akan menjualnya dalam waktu dekat. Dalam menjual rumah, tentu Anda ingin mendapatkan harga yang terbaik dari rumah tersebut, bukan? Maka dari itu dengan merawat kondisi fisik rumah, itu dapat menambah nilai dari rumah Anda.

Selain itu, dalam menjual rumah dengan cepat pun diperlukan strategi khusus agar iklan yang Anda pasang tidak sia-sia.  Simak tipsnya berikut ini:

1. Cek Harga Pasaran

Ketika akan menjual rumah, pastikan Anda mengetahui harga pasaran di sekitar kawasan Anda. Harga yang terjangkau dan realistis merupakan salah satu kunci agar rumah dapat terjual dengan cepat. Jika rumah dipatok dengan harga yang terlalu mahal tentu akan mengurangi minat pembeli, sedangkan harga yang terlalu rendah pun bisa menimbulkan keraguan bagi pembeli tentang kualitas dan keabsahan rumah itu.

Jika ingin menentukan patokan harga, lakukan pengecekan terhadap Nilai Jual Objek Pajak atau NJOP di kawasan sekitar rumah. Di dalam PBB yang Anda terima setiap tahunnya akan tertera informasi mengenai NJOP. Umumnya orang menjual rumah harga 2-3 kali lipat di atas NJOP. Biasanya semakin strategis lokasi rumah Anda maka harganya bisa naik berkali lipat.

2. Gunakan Jasa Agen Properti

Meskipun menjual rumah bisa dilakukan oleh sendiri, Anda bisa mencoba menghubungi jasa agen properti. Selain tidak membuat repot, dengan menggunakan jasa ini, informasi rumah Anda akan tersebar luas. Hal ini karena jasa agen properti menggunakan database yang luas, kontak dan alat-alat yang efektif untuk mencari pembeli terbaik dan mempercepat proses penjualan.

Dalam memilih jasa agen properti pun tidak bisa sembarangan, Anda harus mengetahui latar belakang, pengalaman dan referensi mereka. Namun dengan dibantu oleh jasa ini, pada umumnya broker akan meminta komisi penjualan sekitar 2,5% dari harga jual dan sebaliknya tidak bernegosiasi dengan komisi agen. Komisi yang kecil bisa berpengaruh pada kinerja dan kerjasama yang baik dengan agen, jadi agar hasilnya maksimal, berikan komisi sesuai dengan kesepakatan di awal.

3. Kondisi Fisik Rumah Sebaik Mungkin

Pada saat akan menjual rumah, yang pertama kali akan dilihat oleh calon pembeli adalah kondisi fisik dari rumah. Pastikan rumah Anda tidak kotor karena sampah. Selain itu, Anda bisa melakukan perawatan rumah terlebih dahulu sebelum menjualnya. Seperti, mengecat pintu gerbang, memotong rumput, mengecat dinding dan memperbaiki hal lainnya yang dianggap perlu.

Selain membuat pembeli tertarik, dengan menampilkan kondisi fisik rumah yang bagus pun dapat meningkatkan harga jual. Karena jika kerusakannya cukup terlihat, seperti tembok yang lumutan atau plafon bocor, maka hal ini akan langsung membuat harga rumah jadi turun. Itulah pentingnya memperhatikan kondisi fisik rumah sebelum menjualnya.

4. Perhatikan Waktu Khusus Menjual Rumah

Sejumlah agen properti menandai jika ada waktu khusus yang membuat transaksi jual beli rumah lebih ramai dari biasanya. Misalnya ketika kondisi politik stabil setelah Pemilu atau ketika kondisi perekonomian sedang bergairah, namun secara umum bulan Mei dipercaya menjadi bulan paling ramai untuk pasar properti.

5. Iklan di Media Sosial

Selain Anda bisa menggunakan jasa agen properti, Anda juga dapat mengiklan di media sosial. Saat ini yang banyak digunakan untuk jual beli rumah lebih efektif yaitu menggunakan Instagram atau Facebook. Di Instagram Anda bisa membuat postingan mengenai foto-foto rumah, setelah itu jangan lupa untuk menargetkan siapa yang bakal melihat postingan ini. Tak hanya media sosial seperti Instagram, Anda juga bisa memanfaatkan situs jual beli seperti OLX untuk pasang iklan. Jangan lupa untuk menampilkan foto-foto rumah yang menarik.

Itulah beberapa tips menjual rumah cepat yang bisa Anda praktikkan. Dengan memanfaatkan teknologi, Anda bisa menyebarkan iklan rumah Anda ke segala pelosok. Semakin banyak orang yang tahu, maka semakin besar pula peluang rumah Anda terjual dalam waktu yang cepat. Gunakan semua media sosial jika Anda ingin cepat menjual rumah Anda selain itu, tentunya cara-cara di atas pun dapat Anda coba. Mewujudkan mimpi bukanlah hal yang mustahil, selagi Anda yakin dan memiliki rencana yang kuat semuanya pasti bisa tercapai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *