Beberapa Bentuk Dapur Yang Perlu Anda Ketahui

Dapur adalah ruangan yang digunakan untuk memasak dan menyiapkan segala macam makanan. Seiring dengan perkembangan zaman fungsi utama dapur tidak hanya untuk memasak dan meyiapkan makanan, tepapi juga digunakan untuk makan dan area hiburan.

Dewasa ini, terdapat beberapa tipe dapur diantaranya :

Tipe Single Line

Dapur tipe single line berupa sebuah garis linear. Artinya, seluruh aktivitas dapur menempel di dinding. Dapur dengan model ini merupakan bentuk dapur yang paling sederhana, hanya berupa susunan kabinet  memanjang yang menampung seluruh fungsi dapur pada satu garis lurus . Tipe single line sangat cocok untuk ruangan sempit, memanjang atau untuk dapur mungil.

Keuntungan dari tipe dapur ini adalah hemat tempat, dan bisa diterapkan pada dapur yang kurang lebar (sempit), sedangkan kekuranganya adalah ruang gerak yang terbatas dan kurang efisien.

Tipe Double Line / Gallery Kitchen

Dapur tipe double line merupakan tipe dapur yang berbentuk dua garis sejajar, yaitu dengan menempatkan dapur kotor dan dapur bersih pada dua sisi berlawanan. Pemisahan tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam aktifitas memasak di dapur. Tipe ini juga biasa disebut dengan dapur tipe koridor. Dapur tipe koridor ini awalnya didesain untuk kapal laut dan pesawat terbang. Namun seiring perkembangan zaman, dapur tipe koridor ini pun cocok diaplikasikan pada rumah-rumah tinggal.

Keuntungan dari tipe dapur ini adalah memudahkan pemisahan antara dapur bersih dan dapur kotor, sedangkan kekurangannya adalah membutuhkan banyak tenaga untuk mencapai satu tempat ke tempat yang lain.

Tipe Letter L

Dapur dengan tipe letter L adalah dapur yang dibentuk sedemikian rupa sehingga membentuk huruf L. Hampir sama dengan Tipe Single Line, dapur kotor dan dapur bersih pada Tipe Letter L juga disatukan dalam tempat yang sama. Namun, pada tipe ini sedikit berbeda karena kedua sisinya membentuk siku.

Pada tipe ini  mempunyai area sirkulasi yang lapang bisa didapat secara optimal. Keberadaanya pun sangat cocok untuk beberapa ukuran ruang, baik untuk ruang mungil maupun yang luas. Apalagi dengan adanya ruang mati (bagian sudut), Anda akan mendapatkan “extra space” untuk meletakkan perabot dapur Anda. Bentuk siku pada tipe dapur ini juga memungkinkan pengguna  untuk mengelompokan antara dapur kotor dan bersih. Kekurangan dari tipe dapur bentuk L adalah membutuhkan banyak tenaga penggerak untuk bergerak ke tempat lain.

Tipe Letter U

Dapur dengan tipe Letter U merupakan dapur yang membentuk huruf U. Pada tipe ini, dapur ditempatkan di dua sudut yang berdampingan yaitu dengan memanfaatkan tiga sisi dinding sekaligus. Pada atipe ini, pengguna akan mendapatkan area penyimpanan yang lebih besar.

Keuntungan dari tipe dapur ini adalah bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan yang cukup luas dan dapat menampilakan kesan mewah serta elegan. Sedangkan kekurangan dari tipe dapur ini adalah membutuhkan tempat yang luas

Tipe G / Letter G Kitchen

Letter G Kitchen merupakan dapur yangmenyerupai sebuah kotak namun pada sisi keempat disisakan sedikit space sebagai pintu masuk (tampilannya mirip huruf G). Tampilan G-Shaped Kitchen memang sedikit complicated, namun dengan lebih banyaknya ruang mati, Anda akan mendapatkan storage yang lebih luas pula. Sama halnya dengan U-Shape, Anda juga butuh lahan yang luas untuk mengaplikasikan model ini.

Keuntungan dari tipe dapur ini adalah mampu sekaligus menjadi meja makan sekaligus pantry, sedangkan kekurangan dari tipe dapur ini adalah menggunakan ruangan yang cukup luas.

Tipe Pulau (Island)

Dapur dengan tipa pulau (island) merupakan dapur  yang berbentuk single line, letter L, atau letter U dengan meja tambahan di tengah-tengahnya. Fungsi dari meja tambahan atau yang dikenal dengan istilah island table ini sangatlah beragam mulai dari tempat penyimpanan dan juga dapat dipindahkan sesuai dengan minat pengguna.

Keuntungan dari tipe dapur ini adalah membawa kesan eksklusif, dapat berfungsi sebagai tempat makan dan meja saji juga. Sedangkan kekurangan adalah menggunakan waktu yang cukup luas dan menyulitkan ruang gerak dan tidak semua ruangan cocok menggunakan dapur dengan tipe ini.

Sumber : deco-point.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*